Cara Menyaring Komentar Negatif di Instagram
Cara Menyaring Komentar Negatif di Instagram

Cara Menyaring Komentar Negatif di Instagram

yang terpenting saat ini adalah menyaring konten-konten negatif seperti isu hoax, karena pihak Instagram sendiri pasti kewalahan dalam menghadapi Hoax yang sedang merajalela seperti saat ini. Hanya sekedar untuk mendapatkan like, komen, dan share doank.

Cara menyaring Komentar Negatif Di Instagram

Cara menyaring Komentar Negatif Di Instagram - Coba siapa yang saat sekarang ini tidak mempunyai instagram? apalagi bagi kita yang menggunakan smartphone. Sebuah aplikasi yang seperti sudah wajib dan harus di install di samrtphone selain Google, Youtube, Facebook, dan Whatsapp.

Eksistensi yang sepertinya menjadikan kita seperti mengharuskan meng-install aplikasi-aplikasi tersebut, terutama instagram. Sebuah aplikasi untuk berbagi foto dan video serta memungkinkan pengguna mengambil foto atau mengambil video langsung melalui aplikasi, kemudian menambahkan filter-filter dan membagikannya ke sosial media yang lainnya.

Apapun foto dan videonyanya, selama masih sesuai dengan aturan dari pihak Instagram, itu bisa unggah dan kemudian dibagikan. Baik video kita lagi jalan-jalan, dikantor, bahkan video-video yang seharusnya tidak dibagikan terkadang masih mundul di Instagram.

Contohnya seperti foto-foto korban kecelakaan, foto-foto bencana, foto-foto fulgar, foto-foto yang bermaterikan sara dan juga foto-foto hoax. Seharusnya itu tidak ada, tidak menjadi konten di Instagram. Kalau misal korban kecelakaan harusnya diblur total.

Namun, yang terpenting saat ini adalah menyaring konten-konten negatif seperti isu hoax, karena pihak Instagram sendiri pasti kewalahan dalam menghadapi Hoax yang sedang merajalela seperti saat ini. Hanya sekedar untuk mendapatkan like, komen, dan share doank.

Padahal, hidup yang sebenarnya tidak sebatas like, komen, dan share saja. Masih banyak yang bisa dinikmati. Tapi ya gitulah, sudah eranya berbeda.

Konten negatif seperti hoax, itu bikin jengah. Bukan kebenaran tapi disebarkan hanya untuk mendapatkan rating yang tinggi. bodohnya kita, kadang ikutan me-repost konten tersebut. Bahaya kan? kalau sampai teman-teman kita ikut m-repost juga? bisa-bisa malah kita mendapatkan dosa jariyah. Ngeri akh...

Pihak Instagram sendiri sudah cukup kewalahan menghadapi aliran konten hoax, meskipun sudah cukup sering instagram melakukan Update atau algoritmanya berubah. Tapi dalam hal mngatasai konten yang berbau hoax belum bisa sepenuhnya.

Itulah kenapa kita mesti bisa menyaring konten-konten yang terupload di Instagram. Bagaimana cara menyaring konten hoax di Instagram?

Oke, mari kita simak, bagaimana cara menyaring komentar negatif di Instagram

Silahkan Baca : Fitur Baru Whatsapp yang bisa melakukan Goup Panggilan Video

Untuk melakukan penyaringan komentar bisa diatur dengan melalui menu "setting" (pengaturan). Kemudian setelah itu scroll ke bawah sampai ketemu sub-menu "Privasi dan Keamnanan", terus pilihlah opsi "Kontrol Komentar". ⠀

Kemudian aktifkan filter komentar dengan cara menggeser tombol ke kanan pada opsi "Sembunyikan Komentar yang Menyinggung". Kita juga bisa menon-aktifkan fitur penyaring komentar tersebut dengan cara menggeser ke arah yang sebaliknya yakni menggeser tombol ke kiri. ⠀

Oh ya, kita sebagai pengguna Instagram juga bisa memblokir komentar dari beberapa orang, serta mendaftarkan beberapa kata tertentu yang kita rasa tidak ingin muncul di timeline Instagram kita, caranyanya yakni dilakukan secara manual untuk disembunyikan oleh Instagram.

Perlu kita ketahui juga jika Instagram sendiri menggunakan teknologi yang bernama machine learning (ML). Dengan teknologi tersebut akan secara otomatis bisa menyaring komentar negatif yang membuat kita sebagai pengguna merasa tidak nyaman, dan melanggar pedoman komunitas. ⠀

Misalnya komentar-komentar  yang mengandung unsur cacian, ujaran kebencian, pelecehan seksual, atau komentar-komentar yang hanya spam belaka. ⠀

Silahkan Baca : Aplikasi yang Sebaiknya Kamu hapus agar Smartphone tidak Lemot

Fitur ini juga diharapkan bisa menyaring komentar yang bernada rasisme yang mengancam kelompok agama atau etnik tertentu. Namun filter ini masih terus dilakukan pembaharuan oleh instagram, agar kita bisa lebih nyaman.⠀


Instagram terus mengembangkan fitur-filter tersebut ke berbagai fitur di Instagram lainnya. Kita sebagai pengguna Instagram juga diminta untuk aktif melaporkan komentar-komentar bernada negatif, bila kita menjumpai. Biasanya banyak tuh, kalau di akun-akun instagram yang followernya udah ratusan ribu sampai jutaan. Apalagi di akun-akun web berita. 

Untuk cara melakukan pelaporan adalah dengan ketuk dan tahan komentar yang mau dilaporkan, Terus muncul halaman baru, ikon titik tiga di kanan pada kolom komentar bisa untuk menghapus komentar yang tidak penting..
  


Jangan Lupa Tersenyum

Your Reactions:

Admin
Saya seorang pemuda yang hobby Fotografi, Nulis, Ngeblog dan penikmat kopi juga teh anget dicampur dengan Gula Semut, gula sehat dari Nira Kelapa yang aman dikonsumsi.