--> Skip to main content

8 Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

8 Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang spesial, bulan yang mulia diantara bulan-bulan yang lainnya. Masa iya yang spesial mau dilewatkan begitu saja tanpa hal yang berarti. Padahal kita melakukan kebaikan sedikit saja, bakal dilipatgandakan berkali-kali lipat.

Jangan sampai menyesal setelah Bulan Ramadhan menjelang detik-detik akhir dan kita belum ngelakuin hal baik apapun yang berbeda dari bulan yang lain. Misal berdoa di bulan Ramadhan yang sekedarnya, jarang baca Al Qur'an, dan kebaikan-kebaikan lainnya sama sekali tidak ditingkatkan.

Malahan menurun, itu akan sangat amat merugikan kita, Ingat ya, tahun depan belum tentu kita akan ketemu lagi sama bulan Ramadhan. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin ketika menjumpai bulan Ramadhan. Salah satunya adalah berdoa, tingkatkan intensitas kita dalam berdoa dan beribadah kepada Allah.

Untuk membantu, kira-kira doa-doa apa saja yang harus kita lakukan di bulan Ramadhan? 


Atmosferku menuliskan beberapa doa-doa yang bisa dilakukan selama di bulan Ramadhan.

Akan tetapi, sebenarnya doa-doa di bulan Ramadhan apapun selama baik, itu nggak apa-apa. Mau pakai bahasa Arab, Bahasa Indonesia, maupun bahasa Daerah. Itu nggak apa-apa. Allah Maha Mengetahui.

Artikel hanya sebagai pemantik, agar doa-doa yang keluar dari lubuk hati paling dalam bisa keluar selama di bulan Ramadhan. Terutama dalam hal meminta ampunan. Perlu diketahui juga jika Allah

Langsung saja ya, berikut ini 8 Doa-doa selama di Bulan Ramadhan.


1. Doa di Bulan Ramadhan yang pertama, adalah Doa Niat Berpuasa


Segala sesuatu tanpa niat, efeknya bisa melemahkan tekad. Kalau sudah Niat, tekad untuk menyelesaikan pasti akan besar dan tidak mudah tergoda dengan macam-macam godaan. Pokoknya segala sesuatu itu harus dimulai dengan niat yang baik

Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

2. Doa di Bulan Ramadhan berikutnya, Doa Berbuka Puasa


Lha, masa iya setelah berdoa niat berpuasa, tidak berdoa saat berbuka puasa. Kan ya ganjil-ganjil gimana gitu. Makanya, sebelum berbuka jangan sampai lupa untuk berdoa terlebih dahulu, baru memakan santapan buka puasa.

Jangan sampai terlupa juga, kalau waktu sebelum berbuka puasa itu merupakan waktu-waktu berdoa yang mustajab. Jangan sampai dilewatkan deh, minimal 10-15 menit menjelang berbuka, gunakan untuk berdoa dengan baik.
Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

3. Doa di Bulan Ramadhan berikutnya yakni Doa niat Sholat Tarawih


Setelah Berbuka puasa, sholat maghrib, dan juga membaca Al Qur'an untuk mengisi kehampaan, kita akan melakukan sholat yang khusus dilakukan di bulan Ramadhan. Yakni Sholat Tarawih. Nah, sebelum melakukan sholat tarawih, kembali lagi seperti di awal yakni, niat terlebih dahulu.

Berikut bacaan niat Sholat Tarawih
Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

4. Doa di bulan Ramadhan berikutnya yang kelima adalah Doa setelah Sholat Tarawih dan Witir


Alangkah baiknya setelah selesai sholat tarawih dan witir, kita tidak terus pulang melainkan berdoa terlebih dahulu.

Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

5. Doa Lailatul Qadar juga jangan sampai terlewatkan selama Bulan Ramadhan


Saat Ramadhan, ada satu malam yang begitu mulia. Namanya malam lailatul qadar. Malam yang lebih baik dari seribu bulan, kalau kita mendapatkan malam tersebut maka kita akan sangat beruntung, karena kebaikan bisa berlipat-lipat.

Makanya jangan sampai melewatkan doa lailatur Qadar selama di Bulan Ramadhan. Biasanya doa lailatul qadar sudah disambungkan dengan saat doa setelah sholat tarawih dan witir.  

Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

6. Doa ketika dicela atau diganggu orang lain selama di bulan Ramadhan


Dalam kesehariannya, meskipun di Bulan Ramadhan akan sama saja situasinya. Dimana ada saja orang yang mengganggu atau mencela. Semacam pembully-an. Iya nggak?

Tapi tenang saja, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sudah banyak merasakannya. Pastilah akan diberitahukan cara menangkalnya agar puasa kita tidak rusak. Meskipun perlu diketahui juga jika Allah Mengabulkan Doa Orang-orang yang Menderita dan Berada dalam Kesulitan.

Tapi jangan terus mendoakan orang yang mencela dengan yang buruk, sabar. Doakan yang baik-baik saja.

Menurut Rasulullah shallallahu alaihi wasallam :
Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

7. Perbanyak Doa dan istighfar diwaktu sahur selama di Bulan Ramadhan


Saat Bulan Ramadhan, juga jangan sampai melewatkan yang namanya sahur. Meskipun rasanya berat, dan sebah saat makan sahur. Disitu ada nilai kebaikan dari Allah langsung. Sahur juga menjadi pelengkap di bulan Ramadhan.

Manfaatkan itu, untuk berdoa dan beristighfar sebanyak mungkin.

Seperti yang tertuang dalam Firman Allah :
Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin

8. Manfaatkan berdoa memohon ampun dan beristighfar di sepertiga malam selama bulan Ramadhan


Ini namanya mumpung ya, ada yang namanya Sahur. Bangunlah dengan waktu yang jangan terlalu mepet dengat Imsak. Misal Imsak jam 4 maka bangunlah jam setengah 3. Jadi bisa untuk sholat Tahajud dengan dilanjutkan berdoa memohon ampunan dan segala keluh kesah tumpahkan semuanya diwaktu ini.

Seperti menurut teladan sepanjang masa kita, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam :

Doa-Doa di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Maksimalkan Sebaik Mungkin
Ingat ya, Rasulullah saja yang jelas masuk syurga-Nya, masih terus melakukannya, Berdoa, Berdzikir, dan berpuasa. Apalagi kita, yang kejelasan masuk Syurga-Nya nggak jelas. Jleb kan !!!

Itulah 8 doa-doa yang bisa diterapkan selama di bulan Ramadhan, soal doanya bisa dengan bahasa indonesia atau bahasa manapun. Yang terpenting niatnya, karena Baik dan buruknya kita tergantung dari niatnya.

Perkuat dan perbanyak intensitas doa-soa selama bulan ramadhan, itu akan membuatmu mendapatkan banyak kebaikan. Manfaat sebaiknya dengan cara apapun selama itu tidak melanggar norma agama.

Mari, kita berloma-lomba mengumpulkan kebaikan di bulan ramadhan yang Allah sebar dengan cara cuma-cuma, kitanya saja tinggal meningkatkan kemauan dan usaha untuk menseriusi selama di bulan Ramadhan. Oke?!




  
Pustaka :
https://muslimah.or.id
https://www.eramuslim.com
Detik.com
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar