--> Skip to main content

12 Fakta Paru-Paru yang Bisa Dipelajari Bersama Anak-Anak

12 Fakta Paru-Paru yang Bisa Dipelajari Bersama Anak-Anak
Ilustrasi paru-paru(yodiyim)

Mari kita ketahui apa saja fakta-fakta menarik dari paru-paru yang dimiliki oleh makhluk hidup, bukan hanya sebatas untuk menghirup udara

Atmosterku.com | 12 Fakta Paru-Paru yang Bisa Dipelajari Bersama Anak-Anak - Apakah tiap hari kamu bernafas? kalau masih hidup, makhluk hidup pasti akan bernafas. Menghirup udara dengan menggunakan hidung kemudian masuk ke Paru-Paru. Sudah tau apa fungsi paru-paru? nah, pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai Fakta paru-paru yang mesti kamu tau!

Fakta mengenai paru-paru juga baik dipelajari oleh anak-anak, agar mereka memahami organ dalam tubuhnya. Paru-paru sendiri merupakan organ luar biasa yang mempunyai fungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Mari kita ketahui apa saja fakta-fakta menarik dari paru-paru yang dimiliki oleh makhluk hidup.


1. Fungsi utama paru-paru adalah untuk mengangkut oksigen dari udara yang dihirup ke dalam aliran darah sambil mengambil karbon dioksida, yang dilepaskan ke udara saat menghembuskan napas.

2. Sebagian besar hewan vertebrata (hewan berduri) memiliki dua paru-paru. 
 
3. Paru-paru manusia yang kiri dan kanan besarnya tidak sama. Paru-paru di sisi kiri tubuh dibagi menjadi dua bagian, sedangkan paru-paru di sisi kanan dibagi menjadi tiga. Paru-paru kiri juga sedikit lebih kecil, memberikan ruang untuk jantung.

4. Bisakah hidup tanpa satu paru-paru? Ya bisa, tapi itu membatasi kemampuan fisik kita dan tidak akan bisa menjalani kehidupan yang relatif normal. Banyak orang di seluruh dunia hidup hanya dengan satu paru-paru.

5. Orang yang memiliki kapasitas paru-paru besar dapat mengirim oksigen ke seluruh tubuhnya lebih cepat. Kapasitas paru-paru dapat ditingkatkan dengan olahraga secara teratur.

6. Saat beristirahat, rata-rata orang dewasa bernafas sekitar 12 hingga 20 kali per menit.

7. Rata-rata orang menghirup sekitar 11.000 liter udara setiap hari.

8. Ilmu yang mempelajari penyakit paru-paru disebut pulmonologi.

9. Merokok berdampak buruk bagi paru-paru manusia. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, salah satu penyakit yang mempengaruhi fungsi utama paru-paru. 
 
 
10. Asma adalah penyakit umum yang menyerang paru-paru. Serangan asma terjadi ketika saluran udara Anda menyempit setelah teriritasi. Saluran udara yang sempit membuat Anda sulit untuk menghirup udara.

11. Pneumonia adalah penyakit berbahaya yang mempersulit paru-paru Anda menyerap oksigen dari udara yang Anda hirup.

12. Penyakit paru-paru lainnya termasuk emfisema, TBC dan bronkitis.
  
Pustaka : https://www.sciencekids.co.nz
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar