--> Skip to main content

14 Fakta Menarik tentang Mata untuk Pengetahuan Anak-Anak


14 Fakta Menarik tentang Mata untuk Pengetahuan Anak-Anak

Mata memberikan kehidupan yang sempurna untuk kita, mari kita pelajari fakta menarik seputar mata bersama anak-anak

Atmosterku.com | 14 Fakta Menarik tentang Mata untuk Pengetahuan Anak-Anak - Berkat dikarunia mata, kita dapat melihat indahnya dunia ini. Melihat tumbuhan bergoyang terkena angin, melihat indahnya pelangi, melihat indahnya matahari terbit dan terbenam, serta keindahan lainnya. 
 
Untuk itu, mari kita pelajari fakta-fakta menarik tentang mata pada makhluk hidup. Apalagi pengetahuan ini disampaikan pada anak-anak, sehingga nantinya anak-anak bisa menjaga organ tubuh mereka, terutama mata. 
 
Bagaimana mata berevolusi jutaan tahun yang lalu, memungkinkan makhluk untuk merasakan silaunya cahaya dan memiliki kesadaran yang lebih besar terhadap lingkungan mereka.

Meskipun kita dapat berfungsi tanpa penglihatan, namun sejatinya kita sangat bergantung pada penglihatan untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari. 
 
 

14 Fakta Menarik tentang Mata

 
Bukan hanya manusia saja yang sangat bergantung pada mata, tapi makhluk hidup lain seperti hewan pun sangat bergantung pada organ yang satu ini. Mari kita simak fakta menarik tentang mata manusia dan perbedaannya dengan mata hewan lain.

1. Mata mendeteksi cahaya dan memungkinkan kita untuk melihat.

2. Informasi yang diterima mata kita, dikirim ke otak kita di sepanjang saraf optik. Informasi ini kemudian diproses oleh otak kita dan membantu kita membuat keputusan yang tepat, misalnya jika kita melihat sebuah objek terbang ke arah kita, maka kita akan bergerak cepat untuk menyingkir.

3. Sekitar 95% hewan memiliki mata. Beberapa sangat sederhana, hanya mengambil kondisi terang dan gelap, sementara yang lain lebih kompleks, memungkinkan pengenalan bentuk, warna, dan kedalaman.

4. Seperti manusia, beberapa hewan memiliki mata yang ditempatkan berdekatan yang memungkinkan untuk meningkatkan penglihatan lebih dekat, serta hewan yang lain memiliki mata yang menyebar lebih jauh (seringkali di sisi berlawanan dari kepala mereka, seperti pada kuda) untuk memungkinkan bidang pandang yang lebih besar dan peringatan dini terhadap potensi predator.

5. Jaringan peka cahaya yang melapisi permukaan bagian dalam mata kita dikenal sebagai retina, bertindak dengan cara yang mirip dengan film di kamera.

6. Sel kerucut di retina mendeteksi warna sedangkan sel batang mendeteksi kontras cahaya rendah.

7. Bagian mata yang memungkinkan kita untuk fokus pada berbagai hal dikenal sebagai lensa, bisa berubah bentuk sehingga kita dapat fokus pada objek pada berbagai jarak. 
 
 
8. Kornea adalah penutup transparan dari iris dan pupil, bersama dengan lensa, membiaskan cahaya sehingga dapat diproyeksikan ke retina.

9. Untuk memungkinkan cahaya masuk ke mata sehingga dapat difokuskan pada retina untuk memulai proses penglihatan dikenal sebagai pupil, ukurannya berubah tergantung pada jumlah cahaya.

10. Area berwarna di sekitar pupil disebut iris, yang mengontrol ukuran pupil dan dapat berwarna coklat, biru, hijau atau warna dan corak lain tergantung pada orangnya.

11. Para ilmuwan percaya bahwa mata hewan berevolusi sekitar 500 juta tahun yang lalu, dimulai dalam bentuk sederhana (mungkin hanya membedakan terang dan gelap) tetapi memberikan keuntungan yang berbeda. Keuntungan ini menyebabkan mata berevolusi dengan cepat di antara hewan (menurut standar evolusi) karena mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk melihat berjuang untuk bertahan hidup.

12. Di seluruh dunia hewan mempunyai banyak jenis mata yang berbeda, misalnya mata manusia sangat berbeda dengan mata majemuk lalat yang lebih baik dalam mendeteksi gerakan cepat.

13. Mata manusia mempunyai Bintik buta, adalah bagian dari retina yang apabila bayangan jatuh pada bagian ini, maka bayangan tampak tidak jelas atau kabur.
 
14. Aquaeus humour merupakan Cairan di depan lensa mata untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.
 
15. Otot akomodasi merupakan otot yang menempel pada lensa mata dan berfungsi untuk mengatur tebal dan tipisnya lensa mata.
 
16. Vitreous humour adalah cairan yang berada di dalam bola mata, berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa ke retina. 
 
 
17. Bintik kuning merupakan bagian dari retina yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan yang jelas

Aquaeus humour Cairan di depan lensa mata untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mata sebagai Alat Optik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/04/163000069/mata-sebagai-alat-optik?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Bintik buta adalah bagian dari retina yang apabila bayangan jatuh pada bagian ini, maka bayangan tampak tidak jelas atau kabur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mata sebagai Alat Optik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/04/163000069/mata-sebagai-alat-optik?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
18. Kacamata dan alat pelindung lainnya sering dipakai manusia untuk melindungi mata dari sinar UV atau saat melakukan berbagai aktivitas berbahaya seperti pengelasan. Kacamata dan lensa kontak dipakai untuk memperbaiki kondisi penglihatan umum seperti rabun jauh dan pendek.
  
Pustaka : https://www.sciencekids.co.nz
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar