--> Skip to main content

16 Fakta Menarik Seputar Kulit, Bisa jadi Bahan Ajar anak-anak yang Menyenangkan

16 Fakta Menarik Seputar Kulit, Bisa jadi Bahan Ajar anak-anak yang Menyenangkan

Kulit merupakan salah satu bagian penting, mari simak fakta menarik seputar kulit makhluk hidup

Atmosterku.com | 16 Fakta Menarik Seputar Kulit, Bisa jadi Bahan Ajar anak-anak yang Menyenangkan - Setiap hari, kita bisa merasakan udara disekitar berkat adanya kulit ditubuh. Fungsi kulit sebagai pelindung dari benda-benda asing diluar tubuh kita. Betapa bersyukurnya sebagai makhluk hidup, diciptakan sempurna dengan memiliki kulit, manusia bisa terlihat cantik dan tampan.

Nah, untuk itu mari kita pelajari fakta-fakta tentang kulit pada makhluk hidup, sehingga bisa menambah pengetahuan kita bahwa kulit pada makhluk hidup bisa lebih dari sekedar garis pertahanan fisik. 
 

Kulit di Tubuh memiliki fungsi yang sangat penting


Kulitmu melakukan fungsi penting yang memungkinkan kamu bisa menjalani kehidupan dengan normal, kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi kamu bisa menjadi bagian untuk menjaga tubuh  tetap sehat. Simak 16 fakta menarik seputar kulit makhluk hidup berikut ini :

1. Kulit adalah organ tubuh manusia terbesar (organ adalah sekelompok jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi dalam tubuh, yang lain termasuk otak, jantung dan paru-paru).

2. Kulit melakukan berbagai fungsi yang berbeda, meliputi secara fisik melindungi tulang, otot dan organ dalam, melindungi tubuh dari penyakit luar, memungkinkan untuk merasakan dan bereaksi terhadap panas dan dingin, serta menggunakan darah untuk mengatur panas tubuh Anda.

3. Lapisan kulit mamalia meliputi epidermis, dermis dan subkutis.

4. Lapisan terluar kulit adalah epidermis, ditemukan paling tebal di telapak tangan dan telapak kaki  (tebalnya sekitar 1,5 mm).

5. Subkutis (atau hipodermis) adalah lapisan terdalam dari kulit, selain menyimpan lemak, juga tempatnya pembuluh darah, akar folikel, rambut, dan saraf.

6. Jika kulit rusak maka mungkin mencoba untuk menyembuhkan dengan membentuk jaringan parut. Jaringan parut tidak sama dengan jaringan kulit normal, sering muncul perubahan warna dan kekurangan kelenjar keringat dan rambut. Jaringan parut merupakan bagian dari proses penyembuhan luka yang dapat timbul karena berbagai alasan. Jaringan parut bisa terbentuk karena luka bekas cacar, luka akibat jerawat, luka bakar, hingga luka pasca operasi

7. Warna kulit manusia tergantung pada jumlah pigmen melanin yang diproduksi tubuh. Sejumlah kecil melanin menghasilkan kulit terang, sementara dalam jumlah besar menghasilkan kulit gelap.

8. Area yang mengalami gesekan atau tekanan berulang dapat membentuk kulit yang keras dan tebal yang dikenal sebagai kalus. Contoh umum kapalan dapat dilihat di tangan pemain tenis dan ujung jari gitaris.

9. Sejumlah debu di rumah seperti di kamar, bisa saja itu adalah kulit mati.

10. Semua mamalia memiliki beberapa rambut di kulit mereka, meskipun tidak mudah untuk di lihat.

11. Badak dilindungi oleh kulit tebal dengan kedalaman antara 1,5 cm dan 5 cm.

12. Meskipun beruang kutub memiliki bulu putih dan transparan (tembus pandang), kulit mereka sebenarnya hitam.

13. Amfibi seperti katak memiliki kulit yang unik. Alih-alih meminum air, katak justru merendamnya ke dalam tubuh melalui kulitnya. Mereka juga menggunakan kulit mereka untuk menyerap udara, sekitar setengah dari udara yang mereka butuhkan.

14. Ular memiliki kulit yang halus dan kering.

15. Sejumlah makhluk laut yang berbeda, seperti kutu laut dan teritip, menempelkan diri pada kulit paus, menjadikannya rumah mereka.

16. Beberapa buah dan sayuran diketahui memiliki 'kulit', termasuk pisang, jeruk, apel, dan kentang. 

Bagaimana menurutmu? fakta yang menarik bukan, bisa sebagai bahan ajar untuk anak-anak. Karena tidak begitu rumit. Anak-anak pun akan menyukainya, apalagi jika disampaikan sambil bercanda dengan tawa yang selalu terpancar.

 
Semoga bermanfaat yaa
  
Pustaka: https://www.sciencekids.co.nz
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar