--> Skip to main content

16 Fakta-Fakta Telinga sebagai Bahan Belajar Anak-Anak

16 Fakta-Fakta Telinga sebagai Bahan Belajar Anak-Anak
Roman Sorkin/Shutterstock

 

Mempelajari 16 fakta-fakta menarik telinga bersama anak-anak, akan meningkatkan kepedulian anak untuk merawat organ-organ tubuh mereka

Atmosterku.com | 16 Fakta-Fakta Telinga sebagai Bahan Pengetahuan Anak-Anak - Hampir setiap hari kita mendengarkan suara, entah itu suara motor, mobil, bururng, angin berhembus sampai suara orang lain. Bersyukurnya kita dikarunia dua buah telinga, sehingga bisa menikmati suara-suara yang ada di Bumi ini. 
 
Anak-anak pun akan mengerti jika diberi pengetahuan tentang telinga dan fungsinya. Apalagi melihat fakta-fakta telinga dengan penyampaian yang menyenangkan. Kita menjadi lebih tau dan mereka (anak-anak) akan mempunyai pengetahuan baru dengan mempelajari tentang berbagai bagian yang membentuk telinga, bagaimana mereka berkomunikasi dengan otak, apa itu tabung Eustachius, bagaimana pendengaran bekerja, mengapa ada kotoran telinga dan banyak lagi. 
 

Maka dari itu, baca terus, untuk memperlajari 16 fakta-fakta dari telinga bersama anak-anak

 
1. Telinga kita membantu mendeteksi suara. Telinga akan mengubah gelombang suara menjadi impuls saraf yang dikirim ke otak.

2. Sementara telinga akan menangkap suara, otak kitalah yang bekerja keras untuk memahami semuanya. 


3. Ada lebih banyak hal di bagian dalam telinga daripada bagian yang dapat dilihat, yakni di bagian luar kepala kita.

4. Bagian tengah telinga (di belakang gendang telinga) menguatkan tekanan suara.

5. Telinga tengah juga mengandung tabung Eustachius yang membantu menyamakan tekanan dan mengalirkan lendir.

6. Infeksi telinga lebih sering terjadi pada anak-anak karena sistem kekebalan mereka yang berkembang dan perbedaan antara saluran Eustachius mereka dengan orang dewasa.

7. Telinga bagian dalam berada di dalam tulang temporal, tulang terkeras dalam tubuh manusia.

8. Telinga bagian dalam berisi organ pendengaran berbentuk spiral yang disebut koklea serta vestibulum dan saluran setengah lingkaran yang membantu keseimbangan.

9. Rongga telinga luar dilapisi dengan rambut-rambut kecil dan kelenjar yang mengeluarkan lilin untuk merekatkan kotoran, sehingga mencegah masuknya air ataupun benda asing lain lebih dalam

10. Kelainan pada telinga bagian dalam manusia dapat menyebabkan ketulian.

11. Kelenjar kulit di saluran telinga menghasilkan kotoran telinga yang membantu melindungi telinga dengan melumasi dan membersihkannya dari kotoran dan debu. 
 
 
12. Kotoran telinga yang berlebihan dapat mengganggu pendengaran, terutama jika ditekan dengan keras ke gendang telinga.

13. Kotoran telinga biasanya keluar dari telinga secara alami sehingga bukan ide yang baik untuk mencoba dan mengeluarkannya sendiri, kecuali menyebabkan masalah kesehatan (sebaiknya temui dokter terlebih dahulu).

14. Menusuk daun telinga dan menghiasinya dengan perhiasan (anting) telah menjadi praktik umum di seluruh dunia selama ribuan tahun baik untuk alasan budaya maupun kosmetik. 
 
15. Fungsi daun telinga adalah untuk memusatkan gelombang suara yang mask ke bagian saluran telinga luar
 
16. Selain untuk mendengarkan suara atau bunyi, fungsi telinga lainnya yakni untuk keseimbangan
  

"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar