Skip to main content

13 Fakta tentang Darah Manusia untuk Pengetahuan Anak-Anak

13 Fakta tentang Darah Manusia untuk Pengetahuan Anak-Anak


13 Fakta tentang Darah Manusia untuk Pengetahuan Anak-Anak - Darah, darah, sering kali mendengar kata itu. Dalam film action juga sering mendengarnya, bahkan dalam permainan game yang dimainkan oleh anak-anakpun sering yang memperlihatkan darah muncrat dari mulut seperti pada game peperangan, tembak-tembakan, atau perkelahian.

Karena itu, anak-anak juga perlu untuk mendapatkan pendampingan saat bermain game. Setidaknya mereka akan mempunyai pengetahuan yang bertambah tentang darah manusia.

Ada banyak fakta tentang darah manusia, tapi kali ini akan disajikan 13 fakta darah manusia 


Darah manusia sendiri pasti tidak asing bagi kita, apalagi bagi yang sudah sering melakukan donor darah. Tapi bagi anak-anak? akan menjadi hal baru, ketika mereka terjatuh dan terluka, dari luka tersebut mengeluarkan darah.

Baca Juga : Ada 8 Fakta Menakjubkannya Jantung dan bisa jadi bahan Belajar Anak-anak

Untuk menghindari ketakutan yang berlebih, setidaknya sebagai orang tua nantinya bisa memberi pengarahan atau pengetahuan tentang darah manusia dengan cara yang santai, kalau bisa sih menyenangkan.

Oke, langsung saja ya, di bawah ini ada 13 fakta tentang darah manusia untuk pengetahuan anak-anak dan juga menambah pengetahuan kita.


1. Darah kita (manusia) ada sekitar 7% dari berat tubuh manusia.

2. Darah kita terdiri dari sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

3. Sel-sel darah akan mengapung dalam cairan berwarna kuning yang dinamakan plasma darah. Plasma darah terdiri dari 90% air dan juga mengandung berbagai nutrisi, elektrolit, gas, protein, glukosa, dan juga hormon.

4. Plasma darah sendiri dapat dipisahkan dari sel darah merah, caranya yakni dengan memutarkan darah dalam alat yang dikenal dengan nama centrifuge, sel-sel akan berkumpul di bagian bawah tabung dari centrifuge.

13 Fakta tentang Darah Manusia untuk Pengetahuan Anak-Anak
Gambar alat Centrifuge
5. Sel darah merah sendiri memiliki tugas penting yakni membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mereka juga mengandung protein yang dinamakan dengan hemoglobin. Hemoglobin sendiri mempunyai kandungan berupa zat besi yang bergabung dengan oksigen, hak tersebut yang membuat warna darah kita menjadi merah.

6. Sel darah merah dibentuk di sumsum tulang dan bersirkulasi dalam tubuh selama 120 hari.

7. Sela darah putih adalah bagian penting dari sistem kekbalan tubuh. Mereka bertahan melawan bakteri tertentu, virus, sel kangker, penyakit menular, dan bahan yang tidak diinginkan lainnya.

Baca Juga :  11 Fakta-Fakta Menarik tentang Otak Manusia

8. Trombosit dapat membantu pembekuan darah untuk membatasi pendarahan saat kulit terluka dan mengeluarkan darah. Gumpalan darah sendiri terkadang mempunyai efek negatif, jika mereka terbentuk dan menggumpal di pembuluh darah yang menuju ke otak mereka. Hal tersebut sering kita sebut stroke, serta penggumpalan di pembuluh darah yang menuju ke Jantung dapat menyebabkan serangan jantung.

9. Selain fungsinya membawa zat-zat penting ke sel-sel tubuh kita, darah juga membantu menghilangkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

10. Dalam pengelompokkan golongan darah, prosesnya bisa menjadi sangat sulit dan saat kita ada sekitar 30 golongan darah yang dikenal, kita mungkin lebih akrab dengan sistem "ABO", ataiu jika dipecah lagi golongan darah tersebut berarti A, AB, B, dan O. Pasti tau kan golongan darah tersebut, dan kamu tau kan golongan darahmu apa?

11. Banyak orang yang mempunyai kebaikan hati untuk menyumbangkan darahnya. Darah tersebut dapat dipakai untuk orang lain yang membutuhkan darah, dan ingat darah tersebut juga harus mempunyai spesifikasi sama, baru bisa dilakukan tranfusi darah.

12. Penyumbang darah atau sering kita kenal dengan sebutan pendonor darah, punya aturan yang cukup ketat. Karena pada prosesnya akan dicek terlebih dahulu, untuk menguji juga, karena ditakutkan ada penyakit tertentu yang bisa menular melalui darah.

13. Tekanan darah menjadi tanda kehidupan manusia. Tekanan darah merupakan sirkulasi darah di dinding pembuluh darah. Biasanya untuk menguji tekanan darah dilakukan pada lengan bagian atas. Tekanan darah tiap orang berbeda-beda namun untuk tekanan darah yang normal sekitar 112/64 mmHg. Tekanan darah yang cenderung tinggi mempunyai resiko stroke dan serangan jantung.

Nah, itulah 13 Fakta tentang darah pada tubuh manusia, pengetahuan ini dapat diberitaukan pada anak-anak. Sehingga mereka akan paham, dan akan menjaga pola hidup untuk kebaikan darah mereka.

Baca Juga :  Cari Tau Penyakitmu terus Lakukan Cara Ini agar Dirimu Sendiri Bisa Mengobati

Serta tidak ketakutan berlebih ketika anak-anak terluka dan mengeluarkan darah. Karena saat-saat seperti itu pasti akan terjadi, dimana mereka akan melihat darh mereka keluar.

Fakta tentang darah tersebut pun tidak terlalu rumit dalam hal penjelasan, tidak menggunakan bahasa-bahasa ilmiah. Malah bisa disampaikan dengan cara yang menyenangkan. Agar anak bisa belajar dengan senang, sehingga akan mudah masuk dalam pikiran mereka.

Semoga bermanfaat yaa...




  

Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar