--> Skip to main content

Fakta Lidah untuk pembelajaran yang Menyenangkan bagi Anak-Anak


Fakta Lidah untuk pembelajaran yang Menyenangkan bagi Anak-Anak

Masing-masing dari kita mempunyai lidah, namun belum tentu tau fakta-fakta lidah kita. Apa saja itu?

Atmosterku.com | Fakta Lidah untuk pembelajaran yang Menyenangkan bagi Anak-Anak - Mari kita mempelajari fakta dari lidah kita sendiri, dan berbagai informasi menarik terkait lidah manusia sebagi indera perasa kita.

Pelajari tentang fungsi-fungsi lidah kita lidah kita, bagian-bagian berbeda dari lidah manusia, berapa banyak indera perasa di lidah, bagaimana hewan menggunakan lidah mereka secara berbeda dari manusia, dan banyak lagi. Baca terus yaa!

Lidah adalah struktur otot yang melekat pada dasar mulut.

Lidah adalah organ sensorik utama dari indera pengecap. Permukaan atas lidah ditutupi dengan kuncup pengecap yang mengandung reseptor rasa.

Lidah manusia rata-rata memiliki 3.000 - 10.000 selera.
 
Benjolan yang bisa kita lihat di lidah disebut papila. Kuncup pengecap duduk di atas papila ini tetapi tidak terlihat oleh mata manusia.

Ada lima elemen persepsi rasa: asin, asam, pahit, manis, dan umami (atau gurih).

Adalah mitos bahwa rasa yang berbeda berasal dari area lidah yang berbeda, semua rasa ini dapat dideteksi di mana saja di lidah.

Manusia juga menggunakan lidah untuk berbicara di mana ia membantu dengan perubahan suara.

Lidah juga berfungsi sebagai cara alami membersihkan gigi setelah makan.

Rata-rata, wanita memiliki lidah yang lebih pendek daripada pria.

Lidah manusia terbagi menjadi dua bagian anterior dan posterior.

Bagian anterior lidah adalah bagian yang terlihat di depan dan panjangnya sekitar dua pertiga dari panjang lidah.
 
 
Area lidah posterior paling dekat dengan tenggorokan, dan panjangnya kira-kira sepertiga.

Ada delapan otot di lidah manusia. Mereka dapat diklasifikasikan sebagai intrinsik atau ekstrinsik.

Ada empat otot intrinsik yang tidak melekat pada tulang apapun, yaitu otot-otot yang memungkinkan lidah berubah bentuk, seperti point, roll, tuck dll.

Ada empat otot ekstrinsik yang melekat pada tulang, mereka memungkinkan lidah untuk mengubah posisi, seperti menyodok, menarik, gerakan sisi ke sisi.

Panjang rata-rata lidah manusia dari belakang hingga ujungnya adalah 10 cm (4 in).

Paus biru memiliki lidah terbesar dari semua hewan. Lidahnya memiliki berat sekitar 2,7 metrik ton (425 batu).

Reseptor rasa tidak dapat benar-benar merasakan makanan sampai air liur membasahinya, misalnya kita biasanya mencicipi hal-hal asin terlebih dahulu karena garam cepat larut dalam kelembapan.

Hidangan makanan tradisional manusia terkadang menyertakan lidah berbagai hewan. Orang Meksiko memiliki hidangan lidah sapi yang diisi taco, lidah babi dan sapi populer dalam masakan Cina. Lidah domba, cod, dan bebek juga populer di beberapa negara.

Menjulurkan lidah pada orang-orang dianggap kekanak-kanakan atau kasar di banyak negara, namun di Tibet itu dianggap sebagai salam.

Anjing dan kucing sering menggunakan lidahnya untuk membersihkan bulu dan tubuhnya. Tekstur lidah mereka yang sangat kasar memungkinkan mereka untuk menghilangkan minyak dan parasit.
 
Pernahkah kita bertanya-tanya mengapa lidah anjing keluar dari mulutnya setelah banyak berolahraga? Nah, lidah anjing bertambah besar ukurannya, karena aliran darah yang lebih besar, kelembaban di lidah bekerja untuk mendinginkan aliran darah anjing.

Beberapa lidah binatang dirancang khusus untuk menangkap mangsa. Bunglon, katak, dan trenggiling memiliki lidah yang dapat menjulur keluar dengan cepat dari mulutnya dan menangkap serangga
  
Pustaka : https://www.sciencekids.co.nz/
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar