Skip to main content

Bahayanya menjadi Perokok Pasif

Bahayanya menjadi Perokok Pasif

Bahayanya menjadi Perokok Pasif - Merokok sudah benar-benar menjadi gaya hidup, bahkan menjadi kebutuhan primer. Karena terkadang mereka yang perokok rela membeli rokok dan kopi saja, daripada makanan.

Kesehariannya mereka bisa menghabiskan berapa batang Rokok? bervariasi, jika sudah ketagihan ya sehari bisa habis 3 bungkus rokok. Bayangkan jika satu bungkus isi 12 batang rokok, dikalikan 3, ada 36 batang rokok dalam sehari.

Sudah kaya knalpot saja, bas bus bas bus keluar asap dari mulutnya. Dan lebih disayangkannya, mereka merokok disembarang tempat, tidak peduli disana ada wanita hamil atau anak kecil atau orang yang tidak merokok. Cuek saja mereka sambil ngebul.

Padahal ya, perokok pasif itu lebih berbahaya. 


Ibaratnya tuh ya, mereka yang konsumsi rokok terus membuang sampahnya pada orang yang tidak merokok. Apa tidak kurang ajar kalau dinalar?

Kita yang berusaha menjaga diri dari asap kendaraan, ekh masuk kantor, masuk warung makan, ngobrol sama temen, ketemunya asap rokok lagi.

Silahkan Baca : Bahayanya jika Kamu Suka Menahan Kencing (Pipis)


Okelah kalau menghindari asap kendaraan pakai masker, lah kalau lagi ngobrol sama temen yang perokok pakai masker, kan rasanya tidak enak gitu. Serba salah jadinya, nanti dikira tidak menghargai.

Coba kalau mereka sendiri memahami buat kami yang sama sekali tidak merokok, buat wanita hamil dan buat anak-anak, bahwa asap rokok yang kalian keluarkan bisa membahayakan bagi kami. Nah, berikut bahayanya menjadi Perokok pasif :

1.  Bahaya perokok pasif bagi orang dewasa yang tidak merokok 

Sering bergaul dengan para perokok aktif dalam kesehariannya akan membahayakan bai kesehatan paru-paru. Menurut alodokter, orang yang tidak merokok jika sering menghirup asap rokok secara pasif akan meningkatkan resiko untuk terkena kanker paru-paru sebanyak 25 persen.

Bahayanya menjadi Perokok Pasif
http://cookingwsheila.com
Bukan hanya mengakibatkan kanker paru-paru, namun bahaya perokok pasif juga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Betapa ngerinya penyakit ini, karena bisa menyebabkan serangan jantung secara mendadak, nyeri di dada, serta gagal jantung.

Silahkan Baca : 12 Kebiasaan Umum yang Menyalahi Sunnah dan Membahayakan Kesehatan

Bahan kimia yang terkadung didalam asap rokok, akan ikut masuk kedalam paru-paru ketika asap terhirup. Dan hal ini dapat menyebabkan pengerasan arteri, atau yang disebut dengan aterosklerosis. Nah, pengerasan ini dapat membuat arteri menjadi lebih sempit dan menghalangi laju aliran darah.

2. Bahaya pada ibu hamil Wanita hamil yang menjadi perokok pasif

Pada ibu hamil, sangat disarankan untuk menghindari yang namanya asap rokok, karena menurut kesehatan, asap rokok dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Bahkan jika dalam masa kehamilannya sering terpapar asap rokok, dapat berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi. Kompikasi tersebut juga tidak main-main, yakni bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir mati, dan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata.

3. Bahaya pada anak-anak Anak-anak yang menjadi perokok pasif

Buat anak-anak yang sering menghirup asap rokok, akan mengakibatkan anak-anak lebih berisiko terserang sakit seperti: Asma, Pilek, Infeksi telinga serta sistem pernapasan seperti pneumonia dan bronkitis. Asala tau saja, bahwa batuk Infeksi telinga tengah bisa menyebabkan resiko gangguan pendengaran dan Sindrom kematian bayi mendadak.

Silahkan Baca : Inilah 7 Dokter dari Alam yang Bisa selalu Membuat Kita tetap Sehat


Betapa ngeri dan bahayanya menjadi perokok pasif yaa, memang kita yang tidak merokok serba salah tatkala kumpul dengan temen-temen yang seorang perokok, mau ngejauh, tapi tar disangka sombong. Nyuruh dia jangan ngrokok, nanti dibilang, "emang kamu siapa nyuruh-nyuruh? wong orang tuaku saja tidak melarang!". Hehehe...

Dan ternyata, kita yang tidak merokok harus bisa memahami mereka, ngertiin mereka juga. Iya tidak sih? gimana menurut pendapat temen-temen. :-D


  
Penulis : Yogi Permana
Berhentilah merokok, sebelum lapisan ozon memprotesmu. ^ ^
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar