Skip to main content

Waktu - Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

Waktu - Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih



Waktu - Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih - Ada saja ya gjudul artikelnya, minum air putih saja ada waktu yang tepat. Bukannya bisa minum kapan saja, lha wong tinggal minum aja gitu kok! iya sih bisa kapan saja kamu minum air putih. Artikel ini hanya pengalaman saya, ketika setelah sembuh dari sakit yang hampir setahun.

Saya masih bersyukur hampir setahun saja, dan bisa sembuh. Karena ada banyak dari temen-temen kita yang sakit bertahun-tahun, bahkan sulit untuk sembuh. Mari sebelun kita melanjutkan baca artikelnya, kita sempatkan doakan mereka yang sakit tak kunjung sembuh bisa segera sembuh. Berdoa mulai!

Oke, mari lanjutkan. Setelah saya sembuh, butuh pemulihan yang tak sebentar terutama dalam hal psikis, jujur saja sampai saat ini untuk psikis itu belum sembuh total. Masih terkadang rasa khawatir datang secara tiba-tiba. Kalau itu secara bertahap, yakin saja.

Nah, kalau soal air putih, ini resep saya yang sudah saya coba. Bagaimana mengembalikan kondisi tubuh, terutama berat badan agar kembali normal.

Silahkan Baca :  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat agar Kamu bisa lebih Percaya Diri

Inget ya, kalau tubuh kita kandungan terbesarnya adalah air. Otak kita yang untuk berpikir itu, juga membutuhkan banyak suplai air. Kalau sampai kekurangan, bisa pusing lah, halusinasi, dan susah fokus. Masih inget iklan #adaAir hehehe..

Betapa pentingnya air bagi tubuh kita, sangatlah penting, air bener-bener untuk kehidupan. Bahkan Bumi saja lebih banyak airnya dari pada daratannya.

Untuk itu, saya ingin menuliskan waktu-waktu yang tepat untuk minum air putih, inshaaAllah ini bermanfaat.


1. Minum air putih saat Bangun Tidur


Jarang pasti yang melakukan ini, padahal ini bagus lho kalau dirutinkan. Saya yakin, kalau pembaca sekalian yang dilakukan pertama kali saat bangun tidur adalah pegang handphone, hayoo, iya atau ya?

Kenapa cukup penting, kita tidak pernah tau saat tidur kita kaya gimana? mulut menutup atau menganga, ya nggak?

Coba perhatikan kalau temenmu sedang tidur, kadang menganga, kadang juga tidak. Begitu juga dengan kita, ketidaksadaran saat tidur.

Silahkan Baca :   Manfaat Mandi di Pagi Hari, jadi Jangan Lagi Takut Dingin

Jadi, ketika bangun tidur dengan minum air putih, ini akan membersihkan mulut dan tenggorokan. Selain itu juga mengurangi dehidrasi, karena tidak jarang setelah bangun tidur kita merasa tenggorokan kering. Apalagi kalau yang tidurnya menganga.

2. Minum Air Putih Sebelum Makan dan Setelah Makan


Ada yang sebelum makan minum 1 gelas air putih terlebih dahulu? saya melakukan itu, 15 menit sebelum makan, saya minum air putih. Maksudnya apa? itu untuk membersihkan saluran pencernaan terlebih dahulu. Baru setelah itu tinggal makan. Pas makan saya tidak pernah minum, kecuali pas tersedak.

Kalau setelah makan. baru saya minum kembali 1 gelas. Coba lakukan ini, inshaaAllah dapat mengontrol berat badanmu. Tapi juga dijaga pola makan dan olah raganya. Jangan kaya saya, kurang mengontrol, efeknya, perut malah bergerak menjauhi dada. Hehehe..

Silahkan Baca :   Bahayanya jika Kamu Suka Menahan Kencing (Pipis)

Menurut kesehatan, minum air putih sebelum makan malah dapat menurunkan berat badan, karena secara tidak disadari, porsi makan akan mengurang. Selain itu, juga dimaksudkan untuk memberihkan saluran pencernaan, sebelum mencerna makanan.

3. Jangan Minum Air Putih menunggu haus datang.


Ini yang salah lakukan setiap hari, selalu membawa botol air minum. Dimanapun bisa selalu minum, minimul seteguk air putih. Apalagi pas panas dijalan, kering merasa tenggorokan kering dikit langsung deh minum dengan segera.

Begitu juga saat berada didepan komputer, soalnya saya sering didepan laptop juga, Karena itu setiap 2 jam sekali saya mengusahakan untuk minum terlebih dahulu.

Banyak minum berarti banyak buang air jadinya ya? iya sih, saya juga sering ke kamar mandi, bahkan kalau lagi main ke tempat temen, yang saya tuju pertama adalah kamar mandi.

Sebenarnya itu tidak jadi masalah, buang air berarti juga membuang racun atau radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Malah penting untuk kesehatan kan? hayoo...


Silahkan Baca :  Bahayanya menjadi Perokok Pasif

Kamu juga bisa mengukur efeknya, simak saja, kalau kamu kurang minum air putih, apa warna air kencingmu?

dan saat kamu sering minum, apa warna air kencingmu?

Kalau saya ya, jika kurang minum, warna air kencing akan berwarna, tidak bening atau putih bening. Namun jika saya minum air putih yang cukup, warnanya kembali menjadi bening.

Ada simulasi yang sepertinya cukup tepat. Siapkan segelas teh, kemudian taruh dibawah keran air, buka keran airnya. Apa yang terjadi, gelas yang berisi air teh, lama kelamaan akan menjadi putih bening.

Nah, begitulah efek jika kita sering minum air putih. Menyehatkan!

Itulah waktu-waktu yang tepat untuk minum air putih yang sudah saya lakukan setiap hari, Badan lebih seger, berat badan juga lebih terjaga, malah sudah kembali dari yang awal sakit turun hampir 7 kg. Sekarang sudah normal kembali.

Bisa temen-temen coba, untuk awalan emang susah, tapi kalau dipaksakan untuk dibiasakan, maka lama-lama akan terbiasa.

Semoga bermanfaat! 



  
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar