Skip to main content

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari - Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu saya diajak plesir gratis sama temen. Plesiran kemana? masih di Jawa Tengah sih, tepatnya di Semarang. Tapi, sebenarnya juga nggak gratis, melainkan barter. Saya ngebantu dia mendokumentasi.

Kebetulan temen saya ini seorang TL atau lebih kerennya Tour Leader. Sebut saja namanya Mbak Tiwi, kebetulan kita kenal belum cukup lama, ya belum ada 5 tahun lah. Cuma kita tergabung dalam beberapa Grup Wassap yang isinya serinng ledek-meledek, tapi kalau di dunia nyata, jarang saling ledek.

Ekh, malah bahas yang gaje. Hehehe..

lanjut ke Plesiran di semarang ya, jadi waktu itu Mbak Tiwi membawa rombongan dari Dinas Kesehatan Kebumen, rencananya sehari ubek-ubek di Semarang.

Tau kan jarak Kebumen - Semarang berapa jam? kurang lebih 4 - 5 jam, itu kalau perjalanan aman terkendali, tidak kena macet, atau tiba-tiba ada perbaikan jalan bisa tambah lama sampainya.

Sekitar jam 5 lewat 15 menit, rombongan yang berjumlah sekitar 40 orang berangkat menggunakan Bus. Istilahnya kalau di Kebumen ya "mruput gasik". Hehehe....

Silahkan Baca : Menikmati Putri Mandi di Pasar Kebon Watu Gede Magelang

Sudah lama tidak menikmati perjalanan menggunakan Bus, jujur saja, karena saya dulunya pemabok. Jadi agak menghindari Bus, selain itu juga karena males, soalnya kalau ngetem lama banget.

Untungnya yang jadi pemabok itu dulu, kalau sekarang alhamdulillah enggak. Naik Bus Sumber Kencana saja yang kalau jalan Busnya kaya goyang caesar, saya nggak mabok. Hehe... (rodo sombong sitik)

Kira-kira kemana saja dalam sehari berwisata di Semarang? apalagi terpotong waktu kurang lebih 5 jam untuk perjalanan.

Mari kita bahas, kemana saja kira-kira kemaren Mbak Tiwi membawa rombongan dari Dinas Kesehatan? dalam sehari dengan mengunjungi 3 Lokasi Wisata di Semarang

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Sekitar jam Setengah 10 kami sampai di tempat Wisata yang pertama, yakni Museum Kereta Api Ambarawa. Perlu diketahui, jika Museum Kereta Api Ambarawa merupakan Stasiun Kereta Api kelas 1 yang kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah Museum.

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Kereta Api yang digunakan untuk wisata


Museum Perkerataapian di Indonesia yang pertama. Kalau kamu kesini, kamu akan melihat ada begitu banyak koleksi Kereta Api yang pernah berjaya di zamannya. Kereta api yang bentuknya sering kamu lihat di foto, seperti Kereta Api Uap. Kereta yang khas dengan bunyinya. Ya, mirip-mirip kaya suara penjual Kue Putu gitu, Hehehe..

Silahkan Baca :Melewati 3 Jeram Ekstrim dan Loncat dari Ketinggian 6 Meter, Sensasi Rahayu River Tubing

Oke, selain menikmati sejarah perkeretaapian di Indonesia, dengan membaca tulisan-tulisan yang sudah disediakan pengelola, kamu juga bisa menggunakan Jasa Tour Guide disana, agar pengetahuanmu semakin bertambah.

Sempatkan juga untuk naik kereta apinya juga, tapi perlu diingat, untuk kereta apinya hanya tersedia sekitar 200 tiket dalam sehari. Jadi rencanakan jauh-jauh hari, atau datang agak pagi, biar kebagian tiketnya. Kemaren aja ada rombongan yang ditolak karena tidak kebagian tiket.

Jika kamu berhasil mendapatkan tiketnya, kemudian naik kereta apinya, kamu akan bisa melihat dimana orang naik kapal di atas sawah. Danau Rawa Pening disebutnya. Kalau musim kemarau menjadi savana, kalau musim hujan jadi danau.

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Rawa Pening disaat musim penghujan, melihat dari atas Kereta Api Wisata
Oh ya, jangan sampai kelupaan untuk berswafoto di Museum Kereta Api Ambarawa ya, banyak background vintage yang bisa kamu optimalkan, terus share deh di Instagram. Hehe..

Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa sendiri berada di Jalan Panjang Kidul No. 1 Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang. 

2. Kebun Durian, Watu Simbar

Setelah puas ubek-ubek dan berdendang sambil menaiki Kereta Api di Museum Kereta Api Ambarawa. Rombongan dibawa menuju Lokasi wisata yang sebenarnya ini musuh terbesar saya, itu adalah Kebun Durian, Watu Simbar. Sekitar Jam, 3 sore sampai di Watu Simbar, setelah sebelumnya menikmati makan siang terlebih dahulu.

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Mbak Tiwi sedang melakukan Pencitraan. Hahahaha

Kalau ke Watu Simbar jadi ingat kebun buah Mangunan di Jogja. Pertama kali berfoto dengan Durian.

Lanjut, bagi yang kurang menyukai Durian, disini ada juga rambutannya. Namun tetep mesti pakai masker yang berbau harum. Hehehe..

Kalau nggak, bakal mabok disini atau malah pingsan. Hampir sejam di Watu Simbar, saya tidak melepaskan masker. Memotret rombongan yang menikmati Buah Durian dengan lahapnya.

Silahkan Baca : 3 Ruangan yang bikin Merinding di Museum Jenderal Soedirman, Magelang

Sebuah tanggung jawab yang bener-bener bikin mabok, kepala pening rasanya. Tapi nggak mengapa, toh sudah menjadi konsekuensi tukang jepret. Hihihihi...

Kalau mau makan Durian, jangan pilih sendiri ya, kecuali jika kamu sudah ahli dalam menerka rasa Durian tanpa harus mencicipi. Minta saja sama pihak pengelola untuk memilihkan buah Durian yang enak.

Disini saya jadi tau bagaimana cara memilih buah Durian yang bagus, belum dari rasa ya. Kalau soal enak tidaknya ya harus dicicipi.

Saya juga mendapat penjelasan dari Pak Sri Waluyo selaku pengelola, cara untuk memilih Durian yang bagus. Cukup dari Warna Kulit, dan bunyi ketika ditabok, layaknya ngecek perut kita kembung atau enggak.

Di Watu Simbar sendiri ada sekitar 225 Pohon Durian, jika kamu ingin berkunjung kesini, datanglah pada bulan-bulan Agustus, karena menurut Pak Sri, rasa Durian sedang enak-enaknya.

Lokasi Kebun Durian Watu Simbar berada di Jl Mr Koesbiono Tjondro Wibowo, Gunung Pakis, Pakintelan, Semarang.

3. Cimory On The Valley

Sebenarnya wisata selanjutnya bukan Cimory tapi ke Ayana Bandongan, dialihkan akibat hujan deras yang mengguyur. Kalau sudah hujan, di Wisata Ayana Bandongan ya nggak bisa ngapa-ngapain deh.

Akhirnya sama Mbak Tiwi dialihkan ke Cimory setelah berunding dan terjadi kesepakatan dengan para rombongan Dinas Kesehatan Kebumen.

Sekitar jam 4 sore lewat 15 menit, rombongan sampai di Cimory. Sebelum masuk, rombongan melakukan sesi foto bersama dulu, dengan background gedung bertuliskan Cimory.

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Rombongan foto bersama di depan Gedung Cimory

Emang di Cimory ada apa aja? bukannya disana cuma jualan aneka susu dan olahan susu sapi?

Eitz, disana kamu bisa menikmati banyak pembelajaran, terutama tentang hewan ternak. Ada cukup banyak hewan ternak, seperti ayam, kambing, kelinci, kuda, ikan, sapi, bahkan burung Onta dan masih ada yang lainnya.

Silahkan Baca : 5 Tempat di Yogyakarta yang Menjual Batik Murah

Kamu bisa bertanya mengenai ternak disana, selain memerah susu sapi tentunya. Ya, dikarenakan jika sudah lebih dari jam 5 sore, tidak bisa memerah susu sapi. Jadi rombongan hanya berkeliling di area Cimory yang cukup luas sambil foto-foto.

Selain hewan ternak, disana juga banyak disediakan spot-spot foto yang instagramable deh pokoknya. Seperti patung kelinci dari kawat, botol Cimory besar, replika sarang burung, foto dengan patung sapi sebagai karakter Cinory, atau rumah Hobbit yang juga ada di area Cimory.

Puas berswafoto dan berkeliling, saat menuju pintu keluar, kamu akan melewati ruangan yang isinya mesin pengolahan susu Sapi segar, kemudian keluar dan masuk ke tempat oleh-oleh yang berisi banyak olahan susu Sapi.

Ada banyak macannya, selain dari susu Sapi ya. Coklat, Yogurt, Es Krim, Boneka Cimory dan masih banyak yang lainnya. Tapi ingat, jika kamu mau beli oleh-oleh produk fermentasi harus tanyakan pada kasir, kuat untuk berapa lama? jangan sampai kamu rugi, nyampe rumah udah nggak enak susunya.

Lokasi Cimory On The Valley sendiri berada si Jl Soekarno-Hatta KM 30, Bawen, Semarang.

----- 3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari -----

Nah, itulah 3 wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari. Kalau kamu jaraknya lebih dekat dengan Semarang, bisa lebih banyak tempat yang dikunjungi.

Kalau yang jauh, bisa berangkat malam dan paginya untuk berwisata di Semarang.

Sebenarnya bukan 3 wisata itu saja yang ada di Semarang, bisa yang lain dan ada cukup banyak. Itu belum yang ada di pusat kota seperti Lawang Sewu atau yang lainnya.

Tergantung pilihanmu saja mau kemana, kalau bingung ya tinggal telp saja biro wisata, tanya rekomendasi wisatanya dalam waktu sehari atau custom. Kalau misal kamu lebih dari sehari.

Silahkan Baca : Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Bisa kamu hubungi Biro yang pelayanannya inshaaAllah baik, jika ada perubahan pun akan dikomunikasikan dengan kamu. Tidak harus rombongan, mau berempat, berlima, berenam atau cuma berdua untuk bulan madu juga bisa. So, jangan sungkan untuk menghubungi Bumi Tour & Travel, di nomer 082227480350 atau kepoin saja @bumitour_id

Kalau mau menghubungi saya diklik aja contact. Hahaha...  

Oh ya berikut beberapa Foto-Foto saat mengunjungi 3 lokasi wisata di Semarang dalam sehari.

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Mau foto disini? hihi

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

penampang Stasiun

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

tempat menunggu kereta

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Mba Okti, guide yang sedang menjelaskan

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Foto bareng nenek moyangnya Thomas

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Berfoto didepan stasiun


Berfoto di tulisan I love Ambarawa

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Ibu aja jadi cantik


instagramable kan????


Rawa pening


Seakan gerombolan ini mau ngusir saya

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Kelihatannya enak banget


Nikmaaatttnyaa, bagi yang suka


peserta foto bareng Sapi

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

Momen foto keluarga


Anak dari peserta rombongan berfoto di replika sarang burung


Mbak Tiwi berlaga kejatugan Durian


Saya berfoto dengan Pak Mukhsin, Guide unik sekaligus nyentrik


Saya mencoba bersahabat dengan musuh

3 Lokasi Wisata di Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Waktu Sehari

mbak Tiwi berfoto alay di depan rumah hobbit

  
Penulis : Yogi Permana
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar