Skip to main content

4 Adab Belok Kiri Jalan Terus Guna Mengurangi Kecerobahan yang bisa membuat Orang Lain Celaka


4 Adab Belok Kiri Jalan Terus Guna Mengurangi Kecerobahan yang bisa membuat Orang Lain Celaka

Ceroboh saat belok kiri jalan terus, bisa buat kamu dan orang lain celaka


Atmosterku.com | 4 Adab Belok Kiri Jalan Terus untuk Mengurangi Kecerobahan yang bisa membuat Orang Lain Celaka  - Lagi enak naik motor, tiba-tiba ada motor dari gang dan langsung belok aja tanpa ada tanda-tanda, otomatis donk saya panik, dan akhirnya ngerem mendadak. Alhamdulillah, untung saja tidak keplarak yang bisa menyebabkan saya jatuh terguling-guling.

Orang yang belok kiri tersebut ya langsung bablas, mana peduli dianya. Ada yang pernah mengalami kejadian yang sama?? rasanya pasti emosi yaa...

Inginnya saya maki itu orang sampai telinganya berbusa. Cuma ya, itu orang sudah jauh. Wong tidak berhenti. Nah, kalau misal ketabrak, nanti bisa-bisa saya yang disalahin. Sekarang kan begitu, yang salah malah bisa lebih beringass! Hehehe

Fenomena Belok Kiri Jalan Terus tanpa Memperhatikan Arah lain


Fenomena belok kiri jalan terus secara brutal tidak hanya di kota-kota besar yang penuh dengan kesibukan dan deadline, mungkin salah satu penyebabnya membuat orang tergesa-gesa, akhirnya belok kiri jalan terus tanpa clingak-clinguk kanan kiri. Akan tetapi di desa juga sering terjadi, ngerinya lagi, banyak yang tidak memakai helm.

Sudah ada beberapa kejadian, termasuk saya sendiri. Makanya kalau lagi di jalanan desa, saya tidak berani ngebut. Bisa tau-tau cengkluewerrrr, motor asal belok dan beloknya terlalu ke kanan kaya balapan motoGp, ya otomatis saya kaget dan kedhandapan (panik).

Baca Juga :  Ada 14 Adab bagi Seorang Lelaki Sejati dalam Islam, Kamu sudah termasuk kah?

Pernah ada yang tabrakan juga, sampai retak di kepalanya, tapi Alhamdulillah sembuh. Kecerobohan seseorang yang bisa celaka orang lain.

Efek bahaya tersebut, seharusnya sekarang orang mesti mulai sadar diri, salah satunya bagi kita yang sadar, untuk mengingatkan. Kalau belok kiri jangan-lah jalan terus, ada adabnya. Ini sebagai tanda saling menjaga agar sama-sama selamat.

Emang apa aja Adab Belok Kiri Jalan Terus?


Sebenarnya adabnya atau tata cara belok kiri yang baik tidak begitu neko-neko, simple dan mudah untuk dilakukan, tapi ini berlaku banget untuk orang-orang yang sabar dan berhati mulia. Kalau kamu bisa cek sendiri, kira-kira begitu kagak?

Kenapa bisa dikatakan sabar dan berhati mulia? nih ya, sebabnya itu, saat kita berhenti dan lihat kanan kiri, tandanya kita menahan hawa nafsu untuk melakukan hal yang kurang baik. Apalagi jika ada motor dari arah kanan, tandanya kan mengalah dengan membiarkan ia lewat dengan tenang dan nyaman, itu bisa jadi menjadi pundi-pundi pahala buat kita. Ya tidak? harus iya donk...

Baca Juga :  Sudah Taukah 6 Adab ini, sebelum Kamu Berkomentar di Sosial Media ?


Kemudian kenapa belok kiri jalan terus tapi berhenti dan lihat kanan kiri dulu menjadikan hati mulia. Gini yaa teman-teman, kita sudah sabar menunggu motor yang lain lewat, itu tanda kita tidak tergesa-gesa, bukti menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain, bukankah itu mulia?

Adab Belok Kiri jalan terus yang baik itu bagaimana?

4 Adab Belok Kiri Jalan Terus Guna Mengurangi Kecerobahan yang bisa membuat Orang Lain Celaka


1. Berhentilah disebelah kiri, jangan terlalu kekanan, karena kita tidak tau kalau siapa tau ada yang dari arah kiri kita mau belok kanan, atau dari arah kanan kita mau belok kiri. Kalau berhentinya terlalu ke kanan, bisa menyulitkan.

2. Menyalakan lampu sign kiri, ini sudah ketentuan, jika mau belok kearah mana saja harus menyalakan lampu sign, sesuai dengan arah beloknya. Jika tidak dinyalakan, bisa membuat orang yang dibelakang kita kebingungan, dan akhirnya bisa membuat celaka juga.

3. Lihatlah kanan kiri, apakah ada motor lain tidak dari arah kanan maupun kiri, jika tidak begitu, asala belok saja, terus ada motor dari arah kanan, akibatnya bisa membuat orang lain kecelakaan tunggal, dan bisa juga menabrakmu. Ambyar semua deh!

4.  Motor dari arah kanan maupun kiri sudah lewat, belok-lah, tapi beloknya biasa saja, tidak usah dengan gaya-gayaan kaya pembalap MotoGp. Itu bahaya juga buatmu, kalau sampai kepleset dan jatuh, siapa yang rugi. Kamu donk, bahaya lagi kalau jalan tersebut ramai, bisa jadi santapan roda kendaraan kamu.

Dari 4 Adab diatas, insyaaAllah akan terjadi keamanan dijalanan, karena saling menjaga dan berhati-hati. Kalau dilogika juga, bisa kita mendapatkan pahalanya dari menjalankan adab belok kiri jalan terus, sabar dan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain kan juga termasuk berbuat baik, dapat pahala juga kaaan?? hehe... (meski itu Hak Prerogatifnya Allah sih, cuma sebagai Hamba-Nya yang baik, pasti selalu berbuat baik untuk diri sendiri dan orang lain).

Baca Juga :  5 Dosa Tidak Termaafkan di Rumah Bata Merah - Short Film Clinic


Kamu juga bisa menyimak adab belok kiri jalan terus dalam sebuah film hiburan dibawah ini, dan semoga tulisan dan video dibawah ini berfaedah untuk penulis dan juga untuk pembaca serta penontonnya. Aamiin yaa Rabb.



  
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar