--> Skip to main content

BEGINI CARA MEMBUAT GULA SEMUT KELAPA

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

Memang lebih lama sedikit untuk cara membuat Gula Semut Kelapa namun harganya juga lebih mahal

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa - Sebenarnya belum banyak yang tau tentang apa itu Gula Semut Kelapa ( Gula Kristal Kelapa ), karena kebanyakan rumah tangga menggunakan gula cetak kelapa atau istilahnya gula merah (gula jawa). 
 
Semua juga sudah paham dan tau, jika saat ini gula cetak atau gula jawa ini sudah banyak dislewengkan kemurniannya, dengan dicampur bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia.
 
Kalau demikian adanya, nasib kesehatan kita gimana? padahal, banyak minuman atau memasak yang menggunakan bahan gula merah. Jika kita bisa membedakan antara gula merah kelapa dengan yang rafinasi atau yang tidak murni itu enak, nah yang nggak bisa gimana coba?
 

Masa iya, mesti dicekoki dengan Gula yang nggak sehat?

Seakan memang kejam, tapi ya mau gimana lagi, ketika keuntungan lebih diutamakan ketimbang kesehatan konsumen.

Gula Semut Kelapa menjadi Alternatif Gula Menyehatkan


Untuk itu, kita mesti menyadari betapa pentingnya kesehatan, terutama dalam hal menjaga konsumsi untuk tubuh. Dalam hal ini, untuk gula, yang sehari-hari selalu bercampur dalam minuman kita. 

Tiap pagi ngopi, ngeteh, memasak, dan yang lainnya lagi.

Karena itu, artikel ini ditulis, bahwa ada alternatif gula yang menyehatkan. Rendah kolesterol juga, dan cocok untuk yang lagi diet. 
 

Diawal juga sudah dituliskan, gula tersebut adalah gula semut kelapa atau gula kristal kelapa. Merupakan gula yang dibuat dari nira kelapa murni tanpa campuran bahan kimia buatan yang berbahaya bagi tubuh.

Eits, tunggu dulu, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi gula ini. Kita mesti tau asal-usul dan cara pembuatannya agar bener-bener yakin jika gula semut ini baik untuk tubuh kita.

Baik, berikut cara pembuatan Gula Semut Kelapa serta manfaat dari gula semut kelapa

1. Sebelum membuat Gula Semut Kelapa, kita harus terlebih dahulu mempunyai Nira Kelapanya. Kemudian dicampur dengan Kulit Manggis dan Laru (bahan fermentasi alami) semacam ragi untuk Nira Kelapa


Laru dan Kulit Manggis memiliki fungsi agar Nira tidak berbusa serta menjernihkan Nira Kelapanya. 
 
Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa
 

2. Kemudian Nira Kelapa dimasak dengan wajan, sampai mengental


Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

3. Jaga nyala Apinya agar tetap stabil, jangan sampai padam atau api menyala kecil.

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

4. Aduk Nira Kelapa, aduk terus sampai mengental. Emang sih bikin pegel kaya membuat Jenang, tapi tanpa proses ini menjadikan produk yang bernilai jual tinggi, Gula Semut Kelapa

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

5. Pokoknya aduk terus, meskipun Nira Kelapa sudah mendidih. Aduk sampai mengental, serta jaga nyala apinya

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

6. Jika sudah mengental, segera angkat pelan-pelan. Jangan sampai tumpah, kalau tumpah mengenai tangan atau kaki kan panas bisa melepuh deh

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

7. Meskipun sudah diangkat dan ditaruh ditempat yang dingin, proses pengadukan terus dilakukan, sampai air kentalan Nira Kelapa tersebut mengering

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

8. Kalau sudah mengering, ambil alat penggerus. Pak Sarijan sendiri, alat penggerusnya memakai bahan dari Batok Kelapa dan itu membuat sendiri

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

9. Setelah selesai proses menggerus, selanjutnya diayak. Agar mendapatkan butiran yang lembut, kalau masih ada butiran yang besar, segera gerus lagi

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

10. Langkah terakhir dalam pembuatan gula semut kelapa adalah menjemur dibawah sinar matahari, atau bisa juga di Oven.

Begini Cara Membuat Gula Semut Kelapa

Dengan cara yang begitu natural, kualitas Gula Semut Kelapa bisa dijamin. Biasanya setelah dijemur, akan dibersihkan lagi dari kotoran atau semut yang terjebak dikerumunana gula semut. Baru dipacking dan kemudian didistribusikan

Gula semut kelapa sendiri bisa diaplikasikan kedalam berbagai minuman seperti teh, kopi, jamu atau yang lainnya. Begitu juga untuk masakan.

Baca Juga :  Tehnik Membuat Sapu dari Sabut Kelapa bagi yang Belum tahu

Perlu diketahui juga, kalau gula semut kelapa atau yang sering dibilang gula kristal kelapa ini, juga menjadi menu penyeimbang pada saat kita menjalankan diet gula.

Buat yang belum pernah mencoba, mulai deh beralih ke gula ini, memang harganya lebih mahal dari gula rafinasi, tapi jika dilihat dari nilai kesehatan, nggak akan menyesal.

Nah, mungkin dengan melihat gambar akan kurang memuaskan atau malah bingung juga, jadi silahkan bisa nonton video Cara Membuat Gula Semut Kelapa serta Manfaatnya. 


Terima Kasih Pak Sarijan berserta Istrinya, Petanahan, Kebumen

  
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar