--> Skip to main content

Fakta Panca Indera yang Menyenangkan untuk Anak-Anak

Fakta Panca Indera yang Menyenangkan untuk Anak-Anak

bagaimana masing-masing dari lima indra utama bekerja dan banyak lagi lainnya. Baca terus ya untuk mengetahui fakta menarik tentang panca indera!

Atmosterku.com | Fakta Panca Indera yang Menyenangkan untuk Anak-Anak - Lihat fakta indera kita untuk dipelajari oleh anak-anak dan nikmati berbagai informasi menarik tentang lima indera utama yaitu sentuhan, penciuman, rasa, pendengaran, dan penglihatan.

Mari kita pelajari tentang indera lain yang dirasakan dalam tubuh manusia, indra yang berbeda dari berbagai hewan, bagaimana masing-masing dari lima indra utama bekerja dan banyak lagi lainnya. Baca terus ya untuk mengetahui fakta menarik tentang panca indera!

Indera adalah kumpulan organ atau sel indera dalam tubuh yang merespons kejadian fisik tertentu. Indera mengirimkan informasi yang dikumpulkan ke berbagai bagian otak di mana data ditafsirkan dan sinyal respons yang sesuai dikembalikan.

Jumlah pasti indera yang dimiliki manusia diperdebatkan karena berbagai definisi tentang apa itu 'indera'. Namun, secara luas disepakati bahwa ada lima indera utama manusia yakni penglihatan, pendengaran, rasa, sentuhan, dan penciuman. 
 

Lima organ indera utama adalah mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit kita.

Indera Penglihatan adalah kemampuan mata untuk mendeteksi dan memfokuskan bayangan cahaya tampak dengan fotoreseptor yang terdapat di retina mata. Impuls saraf listrik dihasilkan untuk warna, rona, dan kecerahan yang berbeda.

Dua jenis fotoreseptor adalah batang dan kerucut. Batang peka terhadap cahaya, sedangkan kerucut mengidentifikasi warna yang berbeda. Secara umum disepakati bahwa kedua reseptor ini adalah dua indera, satu indra untuk warna dan satu untuk kecerahan, yang bersama-sama membentuk indera penglihatan secara keseluruhan.

Indera Pendengaran adalah indera yang mendeteksi getaran suara. Mekanoreseptor di telinga bagian dalam dalam bentuk tulang kecil dan serat seperti rambut, mengubah gerakan atau gelombang suara dari udara menjadi pulsa saraf listrik yang kemudian dapat ditafsirkan oleh otak.

Indera Rasa atau sentuhan diaktifkan oleh reseptor saraf seperti folikel rambut yang ditemukan di kulit, tetapi juga reseptor tekanan di lidah dan tenggorokan.

Rasa makanan, dideteksi oleh sel sensorik yang disebut taste buds yang terletak di atas lidah. Ada lima rasa dasar yaitu manis, pahit, asam, asin, dan gurih. 
 
 
Bau, seperti rasa, dianggap sebagai indera kimiawi. Ada ratusan reseptor penciuman atau sel sensorik di saluran hidung kita, yang masing-masing akan mengikat dirinya ke fitur penciuman molekuler yang berbeda.

Sekitar 80% dari apa yang kita anggap sebagai rasa sebenarnya adalah bau. Flavor, merupakan kombinasi dari persepsi rasa dan bau. Uji sendiri dengan menutup hidung saat Anda makan sesuatu, dapatkah kita merasakannya dengan sangat baik? Kemungkinan kita tidak bisa.

Indera manusia yang dirasakan lainnya masih diperdebatkan tetapi umumnya mencakup, kemampuan untuk mendeteksi suhu, rasa sakit, keseimbangan dan kinestetik (yang merupakan posisi relatif dari bagian tubuh kita, uji indera ini dengan menutup mata dan menyentuh hidung dengan jari).

Ada banyak rangsangan tubuh internal yang dapat dianggap sebagai indra juga. Misalnya, kemoreseptor untuk mendeteksi konsentrasi garam dan karbon dioksida dalam darah dan reseptor peregangan di paru-paru yang mengontrol laju pernapasan kita.

Dibandingkan dengan hewan, manusia memiliki indera penciuman yang cukup lemah.

Hewan memiliki perbedaan dalam cara reseptor mereka merasakan dunia di sekitar mereka, misalnya anjing dan hiu memiliki indera penciuman yang hebat. Sedangkan kucing dapat melihat dengan sangat baik dalam cahaya redup.

Beberapa hewan memiliki reseptor di tempat yang tampaknya sangat tidak biasa bagi kita. Lalat dan kupu-kupu, misalnya, memiliki organ pengecap di kaki mereka, sehingga mereka bisa merasakan apa pun yang mereka tuju dan ikan lele memiliki organ pengecap di seluruh tubuh mereka. 
 
 
Hewan lain memiliki reseptor indera yang hanya bisa kita impikan. Beberapa ular memiliki organ indera yang dapat mendeteksi cahaya inframerah, burung dan lebah dapat melihat sinar ultraviolet. Sedangkan kelelawar dan lumba-lumba menggunakan suara sonar untuk menginterpretasikan lingkungannya.

Ikan dan pari tertentu dapat mendeteksi perubahan medan listrik di dekatnya dan banyak spesies burung menggunakan medan magnet bumi untuk menentukan arah terbangnya.
  
Pustaka : https://www.sciencekids.co.nz/
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar