--> Skip to main content

Fakta-Fakta Tubuh Manusia untuk Pembelajaran Anak-Anak


Fakta-Fakta Tubuh Manusia untuk Pembelajaran Anak-Anak
Atmosterku.com | Fakta-Fakta Tubuh Manusia untuk Pembelajaran Anak-Anak - Tubuh manusia tercipta begitu sempurna, dengan organ-organ yang detail dan berperan sesuai fungsinya masing-masing. Tidak saling berebut apalagi memperebutkan. Semua organ bekerja saling support, saling mendukung tak ada yang menikung. Kayak manusianya sendiri. Hehe..

Ilmu pengetahuan mempunyai peran luar biasa dalam mengulik organ-organ tubuh manusia, untuk dipelajari secara luas oleh masyarakat. Tak terkecuali anak-anak, mereka juga harus tahu dengan peran organ-organ dalam tubuh mereka. Setidaknya, jika tahu, mereka akan bisa lebih menjaga, agar tidak merusaknya.

Tidak dipungkiri, anak-anak memang menyukai informasi keren yang menampilkan informasi-informasi diluar sepengetahuan mereka. Termasuk belajar mengenai organ-organ pada tubuh mereka sendiri.

Ada beberpa fakta yang bisa diajarkan pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan mengenai tulang, kerangka, mata, darah, otot, otak, jantung, dan masih banyak lagi organ yang lainnya.

Mari kita pelajari fakta-fakta dari tubuh manusia berikut ini, yang nantinya bisa menjadi pelajaran juga untuk anak-anak.

Otak
Otak sendiri menggunakan lebih dari seperempat oksigen yang digunakan oleh tubuh manusia.

Jantung
Jantung manusia berdetak sekitar 100000kali sehari, 36500000 kali setahun dan lebih dari satu miliar kali jika manusia hidup mencapai lebih dari 30 tahun.

Sel Darah Merah
Sel darah merah mempunyai tugas yakni membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel Darah Putih diciptakan di dalam sumsum tulang manusia.

Warna Kulit
Warna kulit manusia ditentukan oleh pigmen melanin yang diproduksi oleh tubuh. Orang-orang dengan jumlah kecil pigmen melanin, akan memiliki kulit yang cenderung terang. Sedangkan mereka yang memiliki jumlah pigmen melanin besar, akan memiliki kulit lebih gelap

Paru-Paru
Paru-paru orang dewasa memiliki luas permukaan sekitar 70 meter persegi.

Mata
Manusia memiliki tahapan tidur yang menampilkan gerakan mata cepat (REM/Rapid Eye Movement). Tidur REM membentuk sekitar 25% dari total waktu tidur dan sering sekali saat kita mimpi akan terlihat jelas

Fakta Gigi
Orang dewasa, kebanyakan akan memiliki 32 gigi

Tulang Terkecil
Tulang terkecil pada tubuh manusia terletak di telinga tengah. Namanya tulang Staples (Sanggurdi) yang hanya memiliki panjang 2,8 milimeter.

Hidung dan Telinga
Hidung dan telinga akan terus tumbuh sepanjang hidup manusia itu sendiri

Bayi Berkedip
Bayi hanya akan berkedip sekali atau 2 kali dalam satu menit sementara orang dewasa rata-rata mencapai sekitar 10 kali

Lidah
Selain memiliki sidik jari yang unik, manusia juga memiliki cetakan lidah yang unik.

Otak
Sisi kiri tubuh manusia akan dikontrol oleh sisi kanan otak manusia, sedangkan tubuh sisi kanan akan dikontrol oleh sisi kiri otak manusia

Antibiotik
Anti biotik hanya efektif melawan bakteri, mereka tidak akan membantu melawan virus.

Mencerna
Tubuh membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk sepernuhnya mencerna makanan yang telah manusia makan.

Indera Penciuman
Indera penciuman sekitar 10.000 kali lebih sensitif daripada indera Perasa manusia.

Sebenarnya masih banyak lagi tentang  Fakta-fakta dari tubuh manusia, namun untu sementara ini terlebih dahulu.



  
Pustaka : https://www.sciencekids.co.nz/
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar