Taman Kota Kebumen, Wisata Kota yang Terlupakan

Taman Kota Kebumen, Wisata Kota yang Terlupakan

Taman Kota Kebumen, Wisata Kota yang Terlupakan
Lihat.co.id

Taman Kota Kebumen, Wisata Kota yang Terlupakan - Khusus kamu yang akan berlibur ke Kebumen, salah satu tempat wisata buatan yang tidak boleh kamu lewatkan di daftar kunjungan adalah Taman Kota Kebumen. Taman kota ini adalah taman yang saat siang sepi namun malam harinya penuh dengan keromantisan, ini adalah taman kota Kebumen yang harus kamu kunjungi nantinya.

Seharusnya saya bisa menuliskannya seperti itu, namun sayangnya sekarang Taman Kota seperti menangis, seperti anak tiri yang awalnya disayang namun terlupakan dalam perjalanannya.

Dulu, saat awal-awal dibangunnya Taman Kota, bener-bener seneng karena Kebumen mempunyai ruang terbuka hijau, selain Alun-alun yang menjadi pusat hiburan.

Penuh harapan, jika keramaian bisa terpecah, ada disisi timur yakni Taman Kota. Tidak melulu selalu alun-alun kebumen. Tapi ternyata, hanya diawalnya saja euforianya, udah hampir 3 tahunan lebih Taman Kota seperti menjadi sarang penyamun. 

Seharusnya jika pengelolaan terus dilakukan, dan terus melakukan pembenahan serta penghijauan. Saya jadi bisa menuliskan seperti ini Informasi yang akan membuat alasan kenapa tempat wisata malam ini sangat cocok untuk masuk kedalam daftar kunjungan liburanmu di Kebumen. 

1. Lokasinya Yang Sangat Strategis Dan Bersejarah 


Taman Kota Kebumen merupakan taman kota yang berdiri di bekas lahan Terminal Bus Kebumen. Yang mana terminal itu sendiri sudah terbengkalai sejak tahun 2003 yang lalu. Nah, karena terbengkalai dan tidak bisa dimanfaatkan dengan baik inilah, Pemkab akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah taman yang menjadi icon dari wisata yang ada di Kebumen.

Lokasi Taman Kota Kebumen sendiri sangat strategis, yang mana berada di Jalan Indrakila Kota Kebumen yang mana lokasi tersebut berada di pusat kota Kebumen.

Silahkan Baca :  Wisata Air Watu Gong yang Berbau MISTIS!! tapi Tetep Mengasyikan

Bekas terminal ini, juga bisa dijadikan sebuah cerita, dengan menghadirkan sedikit ruang untuk menempatkan foto-foto terminal lama zaman dulu, sebelum jadi taman kota. Atau cerita dan foto-foto bangunan disebelahnya, kalau Kebumen pernah mempunyai Gedung Bioskop Star dan Indrakila yang sekarang menjadi gedung olah raga.

2. Taman Kota Dengan Icon Sang Pahlawan Legendaris 

Taman Kota Kebumen, Wisata Kota yang Terlupakan

Patung HM Sarbini sebagai Simbol dari Taman Kota Kebumen (foto : Beritakebumen.info)
Selain bisa menikmati wisata malam di taman kota ini, kamu juga bisa menikmati kemegahan salah satu patung legendaris Indonesia. Icon wisata di Kebumen ini dilengkapi dengan patung dada seorang pahlawan militer yang berpangkat jenderal, yaitu HM Sarbini.

Sehingga tak salah apabila taman Kota Kebumen ini memiliki nama lain Taman Kota Jenderal HM Sarbini Kebumen. 

Ini juga wahana yang bisa memupuk rasa menghargai yang sudah para pahlawan perjuangkan, sehingga para pengunjung akan mengerti perjuangan-perjuangan mereka, dan lebih menghargai serta akan menjaga taman kota ini. Pokoknya ada banyak yang bisa diceritakan dalam kisah perjuangan Para Pahlawan.

3. Wisata Malam yang penuh dengan Pesan Moral 


Kamu yang akan mengunjungi liburan ke Taman Kota Kebumen, nampaknya ada pesan moral tersendiri yang bakal kamu dapatkan setelah berkunjung ke taman kota ini.

Salah satunya, kamu akan tahu bagaimana perjuangan pahlawan kita dahulu sebelum Indonesia merdeka. Dengan tahu pesan moral ini, tentunya kita sebagai generasi muda, harus selalu menjaga kemerdekaan Indonesia dan mengisinya dengan berbagai hal positif. Agar perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia tidak akan sia-sia begitu saja.

Silahkan Baca :  Pertama Kali Tau Alat sederhana Untuk Memotong Tembakau Ketika Jalan-Jalan ke Karangsambung, Kebumen

Membuka wawasan pada generasi penerus agar kerjaannya tidak cuma nongkrong dan pacaran saja. Masih banyak hal positif yang bisa dilakukan.

4. Wisata Malam yang akan Mengisi Perut 


Kunjungan wisata malam ke Taman Kota Kebumen memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu yang sudah lelah berkeliling Kebumen. Dengan hidangan khas Kebumen, kamu bisa mengisi perut kosongmu dengan beragam hindangan yang lezat, gurih dan renyah khas Kebumen.

Ada banyak hidangan yang bisa kamu nikmati, mulai dari jagung bakar, nasi liwet, hingga sate. Semuanya hidangan tadi akan disajikan lengkap dengan suasana malam penuh ketenangan di Kota Kebumen.

Itu dulu disaat awal-awal dibangunnya Taman Kota, menjadi pusat Kuliner juga. Namun, seiring waktu berjalan pengelolaan semakin tidak jelas, hingga nasibnya kini terkurung dalam tangisan.

Kesehariannya di Taman Kota Kebumen, hanya dijadikan tempat bercumbu para muda mudi yang kasat mata. Kebanyakan dari mereka masih berseragam sekolah. Tak segan mereka berpelukan, bercumbu ria dikawasan ruang publik tanpa ada rasa canggung, risik, bahkan tak ada malu.

Taman Kota Kebumen, Wisata Kota yang Terlupakan

Setiap Hari menjadi tempat Pacaran (group Facebook Berita Kebumen)
Yang bikin miris, diarea tempat pedagang dulu berjualan, malah dijadikan tempat mesum. Sungguh, Taman Kota yang harusnya bisa membeli nilai keindahan sebagai bentuk nyata dari semboyan Kota Kebumen ini, Beriman, Bersih Indah, Manfaat, dan Nyaman.

Sudah tidak sehat lagi, jika membawa keluarga ke Taman Kota HM Sarbini Kebumen. Kasihan anak-anaknya, disuguhi pemandangan muda-mudi kasat mata yang sedang menikmati indahnya dunia, yang mereka rasa cuma milik berdua. 

Namun, buat kamu yang punya rencana mau mengunjungi ke salah satu daerah ngapak atau lebih tepatnya Kebumen ini, nampaknya sangat diuntungkan dengan banyaknya pilihan tempat wisata yang menarik dan murah-murah. Selain Taman Kota loh ya...

Bagaimana tidak, saat kamu berlibur di Kebumen, kamu akan disuguhi dengan beragam keindahan alam yang sangat cantik, menarik dan penuh keeleganan.

Ada banyak pilihan, seperti Pantai Manganti yang sudah tersohor kemana-mana, atau waduk sempor yang terus melakukan pembenahan untuk memanjakan pengunjung, ada Pantai Watu bale yang mempesona, ada Bukit Pentulu Indah yang akan membuatmu terbuai semesta, ada deretan pantai yang bertema cinta, pokoknya banyak pantai yang wajib kamu kunjungi ketika ke Kebumen.

Ekh ada juga wisata heritage yakni menelusuri Pabrik Rokok Sintren Gombong, kalau soal kuliner jangan salah ya, ada banyak kuliner khas kebumen seperti untuk sarapan pagi ada Nasi Penggel, makan siang ada Soto Kored yang melegenda, untuk makan malam ada Ayam Kampung Es Bening tanpa melupakan seniornya yang sudah melegenda yakni Sate Ambal.

Sungguh, dibalik menangisnya Taman Kota masih banyak yang memperlihatkan tawa ceria dan kebahagiaan. Mungkin itu untuk menghibur Taman Kota, wisata lainnya menunjukan kebahagiaannya. Sebuah kode, tetap tersenyum ya Taman Kota, sabar ya, kamu akan indah pada waktunya.


  

Penulis : Yogi Permana
Editor : Yogi Permana 
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments